Honor Menulis di Internet Setara dengan Honor Tulisan di Harian Kompas?

penghasilan dari tulisan di internet

Anda mungkin tercengang, heran, bingung, plus tak percaya pada judul tulisan ini. Mungkin Anda mengira saya mengada-ada. Ya, selama ini banyak orang yang berpandangan bahwa menulis di blog hanya buat hobi, pengisi waktu luang, bahkan iseng-iseng belaka.

“Bagaimana mungkin bisa mendapat penghasilan dari situ? Honornya setara dengan honor di Kompas pula? Mana mungkin!” mungkin begitu pemikiran Anda.

Ya, memang demikianlah pandangan sebagian besar penulis kita. Namun pandangan ini dimentahkan oleh Id Blog Network.com (IBN), sebuah perusahaan baru yang menyediakan layanan periklanan lewat internet, khususnya blog.

Dari segi usia, IBN boleh dibilang masih sangat baru. Menurut Mubarika Darmayanti, Business Director IBN, dia dan dua teman lainnya (Kukuh TW dan Fadhil)  mendirikan IBN sejak Agustus 2010.

Secara garis besar, IBN boleh disebut sebagai penghubung antara blogger dengan advertiser. Mereka mengundang para perusahaan besar (advertiser) untuk beriklan di internet, lalu mengajak para blogger untuk memuat iklan tersebut di blog mereka.

Menurut informasi di website IBN, mereka menyediakan tiga jenis layanan, yakni:

  1. Pay Per Click (Anda dibayar untuk setiap klik pada iklan yang dimuat di blog Anda)
  2. Pay Per Action (Anda dibayar untuk setiap orang yang bergabung dengan layanan tertentu yang dipromosikan)
  3. Pay Per Post (Anda dibayar untuk tulisan tertentu yang dimuat di blog Anda)
penghasilan dari tulisan di internet

Lewat Fan Page IdBlogNetwork di Facebook, Anda bisa memantau job-job terbaru untuk para blogger. Klik untuk melihat ukuran sebenarnya

Bagi Anda yang sudah familiar dengan internet marketing, sebenarnya ketiga layanan di atas sudah tak asing lagi. Sebab sudah demikian banyak perusahaan online yang menyediakan layanan seperti itu.

Menurut Mubarika, IBN berbeda karena mereka hanya menerima advertiser dari perusahaan-perusahaan besar. Sebut saja nama-nama seperti Telkomsel, Nokia, XL, Walt Disney, dan sebagainya. “Kami khusus menyasar kelas premium,” ujarnya.

Karena kelas premium itulah, tak heran bila IBN berani mematok pembayaran dengan nilai tinggi kepada blogger. Misalkan untuk artikel biasa (sekitar 5 hingga 10 halaman kuarto), mereka berani membayar Rp 700 ribu hingga di atas Rp 1,2 juta pertulisan. Bila dibandingkan dengan media cetak, kita bisa menyetarakan nilai ini dengan honor tulisan di Harian Kompas. Padahal kita tahu bersama, honor tulisan di Kompas termasuk yang paling tinggi di Indonesia.

Masih menurut Mubarika, honor yang tinggi ini sejalan dengan salah satu misi utama IBN, yakni membantu meningkatkan harkat dan martabat para blogger. “Kami ingin para blogger bangga dengan profesi mereka. Sebab dengan menulis di internet pun, mereka bisa mendapat penghasilan yang sangat lumayan,” ujarnya.

Bagi Anda yang berlangganan layanan Pay Per Click (PPC) dari IBN pun, tak perlu khawatir. Pada layanan di perusahaan sejenis di Indonesia, iklan yang muncul di blog seringkali dari bisnis-bisnis “kelas teri” seperti arisan berantai, program ebook cepat kaya, dan sebagainya. Nah, IBN berbeda karena mereka hanya menerima iklan dari perusahaan-perusahaan besar, seperti Telkomsel, Nokia, dan sebagainya. Alhasil, IBN pun berani mematok pembayaran Rp 1.000 perklik untuk blogger. Ini termasuk tarif yang cukup mahal dalam konteks layanan PPC.

Secara pribadi, saya merasa makin percaya diri sebagai blogger sejak mengenal IBN. Bahkan, kini saya mulai berani bermimpi untuk menjadi seorang full time blogger suatu saat nanti. Saya membayangkan, di masa depan saya bisa mendapat penghasilan utama dari tulisan-tulisan yang dimuat di blog saya. Insya Allah ini bukan mimpi semata. Karena baru sebulan bergabung di IBN pun, saya sudah mendapat penghasilan total Rp 1,6 juta dari dua tulisan di blog pribadi saya!

isnuansa maharani

Isnuansa Maharani bersama 3 blogger lainnya terpilih oleh salah satu mitra IBN untuk jalan-jalan gratis ke Hong Kong

Ada pengalaman yang lebih seru, yakni seorang blogger bernama Isnuansa Maharani dan tiga blogger lainnya yang berhasil jalan-jalan gratis ke Hong Kong karena mereka terpilih oleh salah satu perusahaan mitra IBN. Simak kisah serunya di sini.

* * *

Nah, bagi Anda para penulis yang selama ini masih ragu untuk menulis di internet, alias ngeblog, semoga paparan di atas bisa membuka wawasan Anda. Ternyata menulis di internet pun bisa mendapat penghasilan yang lumayan, bukan?

Tapi jangan pula menganggap semuanya serba mudah. Sebab IBN hanya menerima blog-blog yang berkualitas. Maksudnya, blog yang rajin di-update dengan tulisan buatan sendiri (bukan copy paste), dan pengunjungnya banyak.

Nah, agar blog Anda menjadi berkualitas dan sesuai kriteria IBN, tentu dibutuhkan perjuangan tersendiri, dan proses yang tidak cepat. Intinya, bila Anda baru hari ini mulai ngeblog, jangan harap Anda akan bisa langsung berpenghasilan saat ini juga.

Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan IBN, silahkan kunjungi website mereka: www.idblognetwork.com.

NB: Jangan terkecoh oleh penampilan websitenya yang biasa-biasa saja. Isi di dalamnya justru sangat menggiurkan :-D

Semoga bermanfaat!

Jonru

Tentang Penulis

Founder PenulisLepas.com, BelajarMenulis.com, Ajangkita.com. Founder & Mentor di Writers Academy (d/h Sekolah-Menulis Online). Penulis buku Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat dan Menerbitkan Buku Itu Gampang!. PRESTASI: (1) Juara I Lomba Cipta Cerpen Remaja tahun 1984 (majalah Anita Cemerlang), (2) Juara Tahunan (Super Blog) Internet Sehat Blog Award 2009. Tinggal di Jakarta, aktif ngeblog, berwirausaha, menjadi trainer pelatihan penulisan di berbagai kota di Indonesia.

Jonru Ginting sudah menerbitkan 10 tulisan di website ini.

57 Responses to Honor Menulis di Internet Setara dengan Honor Tulisan di Harian Kompas?

  1. romy asmara says:

    Terimakasih ..
    Saya jadi termotivasi.

  2. tika says:

    info yang menarik, saya sangat tertarik dan ingin segera memaksimalkan blog saya. Selama ini hanya dibayar kecil-kecilan sebagai ghost writer
    semoga saya juga bisa segera bergabung menjadi blogger di website tersebut

  3. ian says:

    hmmm…. siap ngejar peluang..

  4. idam says:

    trima kasih bos atas pencerahannya,shingga kami lbh paham n termotivasi untuk menulis,agar para bloggers bisa berkembang….

  5. Salim says:

    Memang kadang yang mirip-mirip seperti ini menggiurkan. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to mobile version