PENTING: Penjelasan Jonru tentang Audisi Penulis Buku “Terapi Menulis”

audisi penulis buku jonru

Saya merasa sangat tersanjung, terharu, karena demikian banyak teman yang tertarik untuk berpartisipasi dalam “Audisi Menerbitkan Buku bersama Jonru”. Hingga tulisan ini saya buat, sudah sekitar 20 naskah yang masuk.

Tapi setelah saya baca naskah-naskah tersebut, hm… terus terang saya jadi kurang bahagia. Sekitar 90 persen di antaranya TIDAK SESUAI dengan yang saya harapkan. Ada yang mengirim kiat menulis, artikel esai seputar terapi diri (padahal yang diminta adalah pengalaman pribadi), kisah perjuangannya dalam merintis karir sebagai penulis, bahkan ada yang mirip ceramah agama.

Karena itu, di sini saya mencoba memberikan penjelasan tambahan, agar teman-teman dapat menulis dan mengirim naskah yang benar-benar sesuai harapan.

I. Konsep Buku
Buku ke-5 saya ini TIDAK ditujukan kepada mereka yang ingin atau tertarik menjadi penulis. Buku ini saya tujukan kepada siapa saja tanpa kecuali, yang PERNAH menulis untuk tujuan terapi diri.

Saya bahkan membayangkan, buku ke-5 saya ini dibaca oleh banyak orang yang sama sekali tidak tertarik untuk menjadi penulis, tapi mereka mau menulis untuk terapi diri, untuk mengobati penyakit hati dan pikiran mereka.

Jadi, mohon untuk tidak mengirim naskah yang berisi kiat menulis, cara menjadi penulis, perjuangan Anda untuk mewujudkan impian sebagai penulis sukses, dan seterusnya.

Dalam menulis untuk audisi ini, posisikan diri Anda sebagai ORANG BIASA yang menulis untuk menyembuhkan penyakit hati/pikiran Anda, bukan sebagai penulis atau calon penulis.

II. Tema Tulisan
Sesuai yang dijelaskan pada informasi resminya, tulisan yang diharapkan adalah yang berisi PENGALAMAN PRIBADI Anda dalam menerapkan terapi menulis. Ingat: PENGALAMAN PRIBADI. Jangan mengirim naskah selain yang berisi pengalaman pribadi atau kisah nyata Anda, ya.

Dan tema tulisan yang diharapkan adalah TERAPI MENULIS. Bila Anda masih kurang paham, berikut saya berikan contohnya:

- Stress berkurang setelah rajin menulis
- Setelah menulis, penyakit kanker berangsur-angsur sembuh.
- Menulis bisa membuat saya menghilangkan rasa minder ketika bergaul dengan orang yang lebih kaya.
- Dan seterusnya.

Sangat Penting: Mohon untuk TIDAK membuat tulisan yang berisi kisah perjuangan Anda untuk mewujudkan impian sebagai penulis sukses. BUKAN naskah seperti itu yang diharapkan!

Untuk lebih jelasnya, teman-teman dipersilahkan membaca dua artikel saya seputar terapi diri:

Mohon dibaca dengan cermat, ya. Agar Anda bisa mengirim naskah yang benar-benar sesuai harapan.

III. Gaya Penulisan
Saya akan lebih menyukai bila Anda menceritakan pengalaman pribadi SECARA SPESIFIK, bukan secara umum.

Hindari menulis dengan isi cerita yang terlalu umum seperti contoh berikut:

Sejak SD saya suka menulis. Karena rajin menulis, rasa percaya diri saya meningkat. Saya jadi senang dan merasa plong setiap kali selesai menulis.

Saya akan lebih suka bila Anda menulis dengan cara menceritakan PENGALAMAN YANG SPESIFIK, seperti contoh berikut:

Tahun 2007 lalu saya mengalami depresi yang luar biasa. Utang sangat banyak, keluarga sering bertengkar, dan teman-teman saya mulai menjauh karena sebuah kesalahan fatal yang membuat banyak orang tak percaya lagi pada saya. Bingung, stress, itu yang saya alami.

Lalu saya iseng-iseng mencurahkan isi hati lewat tulisan. Saya rajin menulis di blog.

Ajaib sekali! Setelah menulis, beban pikiran saya seolah-olah hilang. Saya tak lagi stress. Rasa bahagia pun muncul. Saya merasa bahwa menulis bisa mendatangkan banyak keajaiban pada hidup saya. Menulis bisa membuat saya lupa pada semua masalah berat tersebut.

IV. Revisi Naskah Anda & Kirim Ulang
Nah, sudah baca dan paham kan, sekarang?

Jika Anda termasuk yang sudah mengirim naskah, dan ternyata isinya berbeda dengan konsep buku ke-5 saya ini, silahkan tulis ulang, revisi, lalu kirim lagi, ya… :)

Dan bagi Anda yang belum mengirim naskah, yuk baca dulu semua syarat dan ketentuannya dengan baik. Lalu kirim naskah yang sesuai penjelasan di atas, ya.

Buruan! Mumpung masih ada waktu. Deadline tanggal 31 Desember 2011.

Informasi lengkap mengenai “Audisi Menerbitkan Buku bersama Jonru” bisa dibaca di sini.

Terima kasih ya :)

Jonru
Follow me: @jonru

 

Tentang Penulis

Founder PenulisLepas.com, BelajarMenulis.com, Ajangkita.com. Founder & Mentor di Writers Academy (d/h Sekolah-Menulis Online). Penulis buku Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat dan Menerbitkan Buku Itu Gampang!. PRESTASI: (1) Juara I Lomba Cipta Cerpen Remaja tahun 1984 (majalah Anita Cemerlang), (2) Juara Tahunan (Super Blog) Internet Sehat Blog Award 2009. Tinggal di Jakarta, aktif ngeblog, berwirausaha, menjadi trainer pelatihan penulisan di berbagai kota di Indonesia.

Jonru Ginting sudah menerbitkan 10 tulisan di website ini.

35 Responses to PENTING: Penjelasan Jonru tentang Audisi Penulis Buku “Terapi Menulis”

  1. [...] PENTING: Sudah banyak naskah yang masuk, tapi sekitar 90 persen tidak sesuai harapan. Karena itu, teman-teman dipersilahkan membaca penjelasan Jonru yang sudah ditulis di sini. [...]

  2. ImamS says:

    Oke,,,
    Saya akan berusaha menulis sesuai dengan kriteria tersebut di atas. Semoga bisa . . .

  3. Hem kira-kira saya menulis dalam buku ini, lolos seleksi tidak yah? Ngukur kans nya.

    http://www.ipan.web.id

  4. zia says:

    bgs nich . . makasih

  5. Kalman says:

    Semakin termotivasi untuk menulis sesuai dengan kriteria yang diharapkan dalam situs ini.

  6. qurathun says:

    mau ikutannnn…..
    sampe tgl 31 desember khan???
    semoga bisa :-D

  7. matmund says:

    Waduhh.. Saya malah menulis perjalanan saya menulis bareng temen2… Klo itu ditujukan untuk memompa semangat menulis dan bukan juga sebagai penulis yg handal….

    Kalo nulis hanya untuk semangat diri saja, itu mungkin teman-teman udah pada tahu semua. Karena pengalamannya ada pada diri masing-masing dan tiap diri masing2 memiliki pengalaman yang berbeda…..

    Nah disini saya pengen sesuatu yang beda jadi menceritakan semangat menulis jika kita bareng-bareng manulis’a.. hehehe

    mudah-mudahan om jonru memaklumi’a.. :D
    Tapi selain itu insyaAlloh saya juga mau akh ngirimin artikel yg khusus pengalaman pribadi soal menulis…

    boleh boleh boleh ???
    SEMANGATTTTTTTTTTTTTTTTTTT

  8. wouw postingan yang mantabs dan sangat bermanfaat gan dan sangat membantu bagi kami yg ingin menulis sebuah karya…salam kenal dan terimakasih gan

  9. Jasmine says:

    Yth. Pak JOnru,

    Mohon konfirmasinya apakah naskah dari saya sudah diterima. Saya telah mengirimnya seminggu yang lalu. Terima kasih dan ditunggu konfirmasinya.
    Salam.
    JH

  10. Nunas Lugra, Bli, Naskah saya sudah masuk belum?

  11. jin says:

    bagus juga untuk mengasah bakat saya dalam hal penulis, tunggu tulisan saya ya. thx

  12. makasih pak jonru untuk “terapi menulis”-nya…

  13. Batas waktunya sampai kapan bang?

  14. kalo boleh tau event ini sampe kapan kang,,???

  15. apa harus pengalaman pribadi pak.?,

  16. kalo udah kirim tapi isinya beda, tulis ulang lagi pak?!!
    waduhh, gak ada cara lain? soalnya belum tentu hasilnya seperti yang sebelumnya. . .

  17. makasih atas tutorial “terapi menulisnya” sangat membantu pak…..

  18. Bagus sekali, Terima kasih,

    Sangat Menginspirasi :)

  19. wah bisa masuk gak yaa???

  20. jika pengen ikut itu gmana kang? ada biaya pendaftaran apa free kang?

  21. riza says:

    wah… perlu di coba nih. sampai kapan batas waktunya???

  22. lilih says:

    panjang tulisannya?

  23. ririe khayan says:

    Wah, sepertinya saya juga perlu ‘revisi’ an segera resend neh. Secara tulisan saya malah straight to the point banget

  24. sendy says:

    Wah sebenarnya menarik sekali. sayang baru tahu hari ini. rasanya tidak keburu nich.

  25. sarana mesin says:

    ikutan ah, itung2 belajar nulis web

  26. semoga naskah saya bisa selesai sebelum waktunya…..thanks atas infonya ya

  27. sae says:

    Saya ingin menanyakan tentang naskah yang dikirim kok tdk ada reply berupa diterima naskah sama panitia ya..? apakah berarti sdh diterima..

  28. iezul blog says:

    huwahhhh sudah habis ternyata deadline nya

  29. zhi cun lee says:

    This is a very good article .. Thank you .. have a great day!.! happy blogging …

  30. noer says:

    lumayan bisa menginpirasi saat aku nulis di blog.

  31. Donda says:

    Wah…ketinggalan info neh!!!

  32. patung pahat says:

    mantap sekali gan infonya
    i like it

  33. kartika dewi says:

    artikel yang bagus. aku suka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to mobile version